Ngaben Masal Desa Pekraman Wanagiri Tahun 2018

Administrator 09 Oktober 2018 10:43:30 WITA

Dalam ajaran Agama Hindu, jasad manusia terdiri dari badan halus (roh atau atma) dan badan kasar (fisik). badan kasar dibentuk oleh lima unsur yang dikenal dengan Panca Maha Bhuta. Kelima unsur ini terdiri dari Pertiwi, Teja, Apah, Bayu, dan Akasa. Lima unsur ini menyatu membentuk fisik dan kemudian digerakkan oleh roh. Jika seorang meninggal, yang mati sebenarnya jasad kasarnya saja sedangkan rohnya tidak. Oleh karena itu untuk menyucikan roh tersebut perlu dilakukan upacara Ngaben untuk memisahkan roh dengan jasad kasarnya.

Ngaben merupakan sebuah ritual yang harus dilakukan oleh umat Hindu bila ada anggota keluarganya meninggal, bila memiliki dana yang cukup untuk melaksanakan upacara tersebut. Biaya yang diperlukan tidaklah sedikit, sehingga di Bali telah dibijaksanai untuk meringankan beban masyarakat Hindu Bali, maka upacara ngaben tersebut bisa dilaksanakan secara masal.

Merujuk hal tersebut Desa Pekraman Wanagiri melaksanakan kegiatan ngaben masal yang disertai dengan acara metatah dan mapetik yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali. Untuk tahun 2018 Upacara Ngaben masal dilaksanakan pada hari Rabu 3 oktober 2018. Dengan jumlah pemilet yaitu : Sawa/Ngaben sebanyak 39 orang dengan biaya per sawa Rp. 5.500.000, Ngalungah/Ngrapuh sebanyak 59 Orang dengan biaya masing-masing Rp. 500.000, Metatah sebanyak 111 orang dengan biaya per orang  Rp. 200.000 dan Mapetik sebanyak 32 orang dengan biaya per orang Rp. 200.000. Ngaben Masal kali ini dipuput oleh Ratu Peranda Istri Mas dari Griya Kayu putih dan Ida pandita Mpu Nabe Dwija Witha Dharma Sanyasa dari Taman Griya Anyar Sari Ashram Desa Pancasari.

Adapun susunan/dudonan acara sebagai berikut: 1. Mungkah dilaksanakan pada tanggal 30 September 2018 bertempat di Setra Desa Wanagiri, 2. Meseh Lawang tanggal 2 Oktober 2018 bertempat di Jabe Pura Dalem Desa Wanagiri, 3. Palebon (Puncak Acara) dilaksanakan tanggal 3 Oktober 2018 bertempat di Wantilan Pura Dalem Desa Wanagiri, 4. Meajar-ajar  dilaksanakan tanggal 4 Oktober 2018 dengan rute Besakih, Lempuyang, Silayukti, Goa Lawah berakhir di Gel-Gel.

Upacara Ngaben Masal Desa Pekraman Wanagiri berlangsung dengan lancar, hal ini tidak luput dari kerjasama dari Panitia Ngaben Masal yang telah mengabdikan diri dengan penuh semangat guna tercapainya tujuan terlaksananya upacara tersebut dengan baik. Semoga program ngaben masal yang dicanangkan oleh Kelian desa Pekraman Wanagiri beserta Prajuru Desa Adat dapat bermanfaat untuk warga desa guna meringankan beban masyarakat, serta berbekal pengalaman yang telah di lalui dalam acara ngaben masal kali ini, Desa pekraman Wanagiri dapat mempertahankan program ngaben masal sehingga dapat dilaksanakan kembali di tahun-tahun berikutnya.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Tautan

Membuat Link di HTML

Membuat link di HTML tidaklah sulit. Berikut ini adalah contoh link yang saya buat: Link menuju ke facebook

Lokasi Wanagiri

tampilkan dalam peta lebih besar