Sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dari sampah plastik

Administrator 14 Februari 2020 18:18:17 WITA

Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Lingkungan Hidup telah menggaungkan mengenai menjaga kebersihan lingkungan dari sampah plastik. Karena sampah plastik merupakan sampah yang tidak dapat terurai dan dapat mencemari lingkungan. Terkait dengan sampah tersebut, kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan sangat penting. Lingkungan bersih tentu membawa aura positif bagi kehidupan manusia, oleh karena itu sudah waktunya kita wajib menjaga kebersihan lingkungan terutama dari sampah plastik.

Terkait tentang masalah tempat pembuangan sampah sementara (TPS) yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, yang beberapa tahun ini ditempatkan dipertigaan Desa Wanagiri mengakibatkan banyak keluhan dari masyarakat. Salah satunya adalah timbulnya bau yang kurang sedap apalagi di sebelah selatan terdapat dagang-dagang yang menjual aneka makanan, diantaranya bakso, ketupat sate, siobak dan aneka kuliner lainnya, sehingga masyarakat yang menikmati santapannya merasa terganggu dengan pemandangan sampah yang berjubel di seberang mereka.

Dari permasalahan tersebut maka Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng mendesak Pemdes Wanagiri untuk mencari solusi dengan permasalahan tersebut. Atas desakan dari Dinas Lingkungan Hidup tersebut, Perbekel Wanagiri Made Suparanton, SS mengambil keputusan untuk membangun tempat sampah sementara yang bertempat di Banjar Dinas Yeh Ketipat. Setelah dipindahkannya tempat sampah dari pertigaan Wanagiri ke Tempat Pembuangan Sampah yang baru, maka perlu dilaksanakan sosialisasi tentang membuang sampah kepada masyarakat Desa Wanagiri. Sosialisasi ini membahas mengenai jenis-jenis sampah yang boleh dibuang di tempat pembuangan sampah tersebut. Sampah yang boleh dibuang berupa jenis sampah yang tidak bisa diurai terutama sampah plastik. Untuk sampah organik atau sampah rumah tangga yang dapat diurai dapat dikelola oleh masyarakat dijadikan kompos.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Tautan

Membuat Link di HTML

Membuat link di HTML tidaklah sulit. Berikut ini adalah contoh link yang saya buat: Link menuju ke facebook

Lokasi Wanagiri

tampilkan dalam peta lebih besar