PENGUKUHAN PHDI DAN WHDI DESA WANAGIRI

Administrator 09 Agustus 2018 10:57:00 WITA

Parisadha Hindu Dharma (PHDI) adalah majelis organisasi umat Hindu Indonesia yang mengurusi kepentingan keagamaan maupun sosial. Adapun tugas pokok PHDI adalah melayani umat dalam meningkatkan sradha dan bhakti sesuai kitab suci Weda. PHDI memeiliki peranan sebagai majelis tertinggi umat Hindu di Indonesia adalah mengatur, memelihara, dan mengembangkan agama Hindu serta mempertinggi kesadaran hidup keagamaan dan kemasyarakatan umat Hindu.

Wanita Hindu Dharma (WHDI) merupakan suatu wadah yang dibentuk terutama untuk melihat berbagai persoalan dalam kehidupan bermasyarakat umat Hindu. Berdirinya organisasi WHDI pada prinsipnya ditujukan untuk menghimpun pemikiran diantara sesama anggotanya, serta mendinamiskan gerak dan aktivitas swadharma wanita Hindu Dharma diseluruh Indonesia secara sistematis dan serasi dan merupaka wujud dharma bhakti sebagai umat Hindu.

Merujuk dari peranan PHDI dan WHDI tersebut maka Kecamatan Sukasada membentuk Organisasi PHDI dan WHDI di masing-masing desa yanga ada di wilayah Kecamatan Sukasada. Untuk Desa Wanagiri dilaksanakan pengukuhan PHDI dan WHDI pada Saniscara Umanis Wuku Medangkungan tanggal 4 Agustus 2018, yang dihadiri oleh Bapak Sekretaris Kecamatan Sukasada  Komang Budi Arsana, Ketua PHDI kecamatan Sukasada beserta wakil ketua bidang agama dan sekretaris PHDI Kecamatan Sukasada. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Perbekel Wanagiri I Wayan Gumiasa, SE beserta ketua TP. PKK Desa Wanagiri Nyonya Yastini Gumiasa, beserta Kelian Desa Pekraman Wanagiri Dewa Made Merta.

Dalam kesempatan tersebut Komang Budi Arsana selaku Sekcam Sukasada menyatakan bahwa peranan PHDI dan WHDI dalam agama Hindu sangat penting, dimana PHDI memeiliki peranan dalam memberikan pengetahuan-pengetahuan (Tatwa) agama Hindu yang seuai dengan ajaran yang tercantum dalam kitab suci Weda, baik etika, susila maupun filsafat yang sesuai dengan ajaran Dharma. WHDI juga memiliki peranan dalam menuntun umat Hindu terutama di kalangan wanita Hindu terutama dalam bidang sarana dan prasarana dalam bersembahyang, serta dibidang etika dalam berpakaian adat kepura dan memberikan tuntunan dalam memberikan pendidikan agama sejak dini kepada anak-anak.

Beliau berharap dengan pengukuhan kedua lembaga tersebut dapat melaksanakan tugasnya secara maksimal, guna meningkatkan sradha bhakti maupun pengetahuan masyarakat Hindu di Bidang Agama.

 

Komentar atas PENGUKUHAN PHDI DAN WHDI DESA WANAGIRI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Tautan

Membuat Link di HTML

Membuat link di HTML tidaklah sulit. Berikut ini adalah contoh link yang saya buat: Link menuju ke facebook

Lokasi Wanagiri

tampilkan dalam peta lebih besar